Sidang Tragedi Kanjuruhan, Saksi Dengar Letupan Kemudian Korban Berjatuhan

Sebelum ke Pintu 13 saya tidak melihat apa yang ada di dalam stadion. Karena di akhir pertandingan ada suara letupan dua kali. Saya gak paham letupan apa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews.Com) — Usai laga Arema FC lawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, terdengar dua kali letupan setelah itu dipintu 13 banyak korban berjatuhan.

Demikian itu keterangan dari Bripka Eka Narariya, anggota Polsek Pakis, yang dijadikan saksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (19/01/2023).

Saat kejadian Eka mengaku ditugaskan berjaga di Pintu atau Gate 12, Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. Bersama dengan 12 anggota Polsek Pakis lainnya, sekitar 10 orang steward dan beberapa anggota TNI.

“Sebelum ke Pintu 13 saya tidak melihat apa yang ada di dalam stadion.  Karena di akhir pertandingan ada suara letupan dua kali. Saya gak paham letupan apa,” kata Eka, Kamis

Usai kejadian itu, kata Eka, korban terus berjatuhan. Ia bersama sejumlah petugas polisi, suporter, TNI dan steward pun melakukan evakuasi.

“Saya tidak tahu, maaf, dia [para korban] sudah meninggal atau belum, yang saya tahu dia kondisi lemas,” ungkapnya.

Disoal jumlah korban pada waktu itu, Eka menyatakan jumlahnya ratusan.

“Saya tidak tahu berapa korbannya. Saat malam itu seratus lebih,” tambah Eka.

Dipintu 13, Eka juga melihat seorang perempuan terjepit di tengah pintu.

“Saya lihat ada seorang perempuan, terjepit ditengah pintu, saya coba evakuasi, saya rasa ini kalau enggak ditolong bisa celaka. aremania yang atas sudah merangsek mendorong, saya suruh yang dorong mundur dulu, inisiatif saya mau menolong, dengan masuk lewat Pintu 12, ternyata sama,” ucapnya.

Ukuran pintu itu, kata Eka, hanya bisa dilewati bersmaan oleh dua orang usia dewasa. Bahkan bila tiga orang pun harus berdesakan.

Lanjut Eka, ia tak tahu apa penyebab para penonton berdesakan di pintu. Yang ia lihat banyak orang audah saling dorong dan tindih.@ *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.