Sumpah Dokter Pertama UC, Harapkan Dokter Mampu Memberikan Inovasi di Sisi Sosial

Untuk sisi Entrepreneurship, diharapkan lulusan FK UC mampu memberikan inovasi. Inovasi disini adalah inovasi disisi sosial

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews)-Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya menyelenggarakan pengambilan sumpah dokter pertama tahun 2023 di Dian Auditorium lantai 7 Universitas Ciputra, Rabu (10/5/2023). Dengan sumpah dokter ini, 19 mahasiswa lulusan FK UC ini resmi menyandang predikat atau gelar sebagai dokter.

Para lulusan ini juga sebelumnya telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Nantinya, para lulusan ini harus menjalani program internship terlebih dahulu selama satu tahun sebelum memiliki hak untuk mengajukan surat izin praktik secara mandiri.

Dr. Hudi Winarso, dr., M.Kes., And.(K). menjelaskan bahwa utk kegiatan intership, 40% dokter baru UC memilih di penempatan di indonesia timur. FK UC  mengedepankan Preventive in Medicine dan Entrepreneurship diharapkan mampu untuk memberikan pencegahan terhadap suatu penyakit dan banyak bisa memberikan dampak yang berupa inovasi disisi sosial.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi diupayakan tidak timbul penyakit yang lebih parah”, tutur Hudi. “Untuk sisi Entrepreneurship, diharapkan lulusan FK UC mampu memberikan inovasi. Inovasi disini adalah inovasi disisi sosial,” imbuhnya.

Ir. Yohannes Somawihardja, M.Sc. selaku Rektor Universitas Ciputra dalam sambutannya mengharapkan dokter baru UC mampu menjadi dokter dengan kualitas IPE (Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship) yg merupakan nilai utama dari UC.

“Pesan alm. Ir. Ciputra saat mencanangkan pendirian FK UC bahwa diharapkan  untuk tiap Dokter Baru ini bisa menerapkan sisi entrepreneurship yang selalu peka terhadap kebutuhan, masalah yang ada di sekitar, kemudian memberikan solusi,” Ucapnya.

Yosoma menantang dokter baru untuk bisa menjadi pahlawan kesehatan yg bisa diandalkan masyarakat yang paling tidak berdaya sekalipun.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.