Wajib Vaksin Ketiga, Berikut Syarat Melakukan Perjalanan Dari Stasiun Gubeng Surabaya

KAI Daop 8 Surabaya, berdasarkan surat edaran kementerian perhubungan Nomor 72 Tahun 2022, bagi seluruh penumpang Kereta Api jarak jauh wajib menunjukan Vaksin ketiga atau booster

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – KAI Daop 8 Surabaya, berdasarkan surat edaran kementerian perhubungan Nomor 72 Tahun 2022, bagi seluruh penumpang Kereta Api jarak jauh wajib menunjukan Vaksin ketiga atau booster. Aturan ini akan berlaku mulai per 17 Juli 2022, Selasa (12/7/2022).

Menanggapi surat edaran dari Kementrian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022, KAI DAOP 8 Surabaya menghimbau kepada Pelanggan KAI yang melakukan perjalan melalui stasiun Gubeng Surabaya, sudah melakukan vaksin ke tiga atau booster dan bagi yang belum vaksin ketiga wajib menunjukan hasil Rapid Test atau PCR negatif.

“KAI Daop 8 Surabaya mengajak calon pelanggan untuk mulai melakukan vaksinasi hingga vaksin ke-3 untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19 pada lokasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ujar Luqman Manager Humas DAOP 8 Surabaya, Selasa (12/7/2022).

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mulai 17 Juli:

a) Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19
b) Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam
c) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
d) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
e) Pelanggan dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Jika vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.
f)  Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

KAI sendiri saat ini sudah menyediakan fasilitas vaksinasi di berbagai lokasi stasiun dan klinik kesehatan KAI.

Selain itu, untuk membantu calon pelanggan yang akan melengkapi persyaratan, KAI juga masih menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp35.000 di 3 stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, yakni Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan akan berkordinasi lebih lanjut untuk penambahan antigen di beberapa lokasi lainnya.

“Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” pungkasnya. (Id)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.