Acara Adat Sedekah Bumi Di Bongso Wetan Terkontaminasi Kampanye Politik

Pada awal sambutan, Wongso Negoro, mengapresiasi atas kekompakan warga Dusun Bongso Wetan yang menjaga dan mempertahankan kearifan lokal melalui perayaan sedekah Bumi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

GRESIK — Acara adat tahunan Sedekah Bumi di Dusun Bongso Wetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Gresik ditengarai disusupi kegiatan promosi semi Kampanye. Minggu (24/09/2023) siang.

Hal itu diketahui setelah Wongso Negoro, yang merupakan Ketua Fraksi Golkar di DPRD Kabupaten Gresik, memberikan sambutan di depan ratusan warga yang menggelar tasyakuran di sebuah punden yang dikenal dengan sebutan Sumur Kulon.

Pada awal sambutan, Wongso Negoro, mengapresiasi atas kekompakan warga Dusun Bongso Wetan yang menjaga dan mempertahankan kearifan lokal melalui perayaan sedekah Bumi.

“Bahwa pada kesempatan ini saya bangga atas kekompakan semua yang mana pada kesempatan ini acaranya meriah dan kompak,” Ujar Wongso mengawali sambutan.

“Semoga tahun depan (perayaan) budaya, lebih meriah lagi,”imbuhnya.

Dalam kesempatan itu wongso menklaim telah memberikan anggaran sebesar Rp. 2 Miliar yang ia berikan ke Desa Pengalangan, Menganti, Gresik. Kucuran dana tersebut menurutnya diperuntukkan sebagai sarana dan prasarana pembangunan.

“Masalah pembangunan saya berikan kepada Desa pengalangan tahun 2023 ini, cair tahun ini sebesar 2 miliar,” Kata dia.

Pembangunan itu dikatakan Wongso untuk membangun sarana dan prasarana tempat ibadah dan pendidikan, “Pembangunan Masjid, TK, pura. Dalam pembangunan nanti kalau ada gangguan yang tidak nyaman kami minta maaf,” Ujarnya.

“Saya berjanji untuk tahun depan kita upayakan, (pembangunan) jalan semuanya kita selesaikan, apalagi saya mengajak teman saya Ahmad Labib, anggaran dari APBN mudah-mudahan bisa diarahkan di desa pengalangan,”ujar Wongso.

Ahmad Labib yang dimaksud Wongso diketahui merupakan bakal calon DPR-RI 2024 dari partai Golkar melalui daerah pemilihan X meliputi Gresik-Lamongan.

Wongso Negoro kemudian meminta pengurus RT/RW Dusun Bongso Wetan naik ke podium panggung dan menjanjikan uang 100 ribu kepada pengurus RT/RW bila Ahmad Labib terpilih menduduki kursi DPR-RI.

“Pak RT/RW diberi 100 ribu dari Pak Labib kalau jadi (Anggota DPR-RI)”ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD Gresik ini.

Dalam akhir sambutan Wongso menegaskan tidak melakukan kampanye, Ketua RT/RW ini menurut dia merupakan ujung tombak dilingkup pedesaan. Sebab, Mereka kerab berhadapan dan berinteraksi langsung dengan warga sehingga mengetahui permasalahan yang ada di Desa.@ jun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.