Bangun Komunikasi Anak Dan Ibu, SD Citra Berkat Surabaya Usung Permainan Tradisional di Family Day

memperkenalkan permainan tradisional selain baik untuk aktifitas anak juga bisa mengalihkan perhatian anak terhadap permainan gadget

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews)-Menciptakan kolaborasi yang harmonis, erat, hangat dan intim dalam sebuah keluarga adalah hal penting untuk proses tumbuh kembang anak. SD Citra Berkat Surabaya menggelar sebuah kegiatan Family Day yang bertajuk _The Wonder of Indonesia_.

Rizka Novasari, Kepala Sekolah SD Citra Berkat Surabaya, memaparkan bahwa komunikasi yang era antara orang tua dan anak akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

“Membangun hubungan atau komunikasi yang hangat dan efektif antara orang tua dengan anak adalah hal yang gampang gampang susah untuk dilakukan karena pekerjaan atau kesibukan orang tua sehingga ketersediaan waktu bersama antara orang tua dengan anak menjadi sangat minim,” terang Rizka.

Rizka mengaku mengusung permainan tradisional dan budaya Indonesia dengan tujuan menumbuhkan kecintaan pada tanah air Indonesia yang dikemas apik dalam berbagai lomba.

“Orang tua dan anak kita challenge untuk melakukan berbagai aktifitas yaitu lomba fashion baju adat, menghias kue tradisional, dan Be number 1 pengetahuan tentang budaya Indonesia, khususnya Surabaya – Jawa Timur. Ada juga 4 permainan tradisional seperti Bakiak Batok Kelapa Merah Putih, Aroma Nusantara, Aku Pancasila, dan Nyunggi Tempeh Katulistiwa. Tentunya akan seru kerjasama orang tua dan anak untuk menyelesaikan tantangan,” imbuhnya.

Rizka menyatakan, bahwa dengan memperkenalkan permainan tradisional selain baik untuk aktifitas anak juga bisa mengalihkan perhatian anak terhadap permainan gawai.

“Dengan Family Day ini diharapkan adanya quality time orang tua dan anak di sekolah. Melakukan aktifitas bahkan menyelesaikan challenge bersama,” jelasnya.

Family Day ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Mei 2023 di Sekolah Citra Berkat CitraLand Surabaya mulai pukul 07.30 s.d pukul 13.00 WIB, dihadiri ± 1000 orang antara lain siswa 557 beserta orangtua dan keluarga. Vita orang tua Micha Savero siswi kelas 2 menyatakan sangat senang dengan kegiatan ini.

“Kegiatan ini kreatif sekali. Hari ini Saya dan Micha ikut lomba menghias kue getuk. Getuk itu makan tradisional jaman saya kecil, Micha akhirnya kenal dengan jajanan jaman dulu,” terang Vita. Saya senang bisa melihat Micha berkreasi secara langsung. Senang bisa nemani ikut lomba dan merasakan keseruan kegiatan di sekolah,” bebernya.

Rizka berharap kegiatan Family Day ini bukan hanya membuat orang tua dan anak mempunyai quality time, namun juga menjadi ajang memperkenalkan budaya bangsa Indonesia.

“Dengan permainan sederhana tentu menarik anak-anak. Kalau sudah tertarik, biasanya anak-anak akan mudah belajar dan mengingat. Memperkenalkannya sejak dini adalah upaya untuk melestarikan budaya bangsa,” pungkasnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.