Dukungan Massif dari Kelompok 212: Menjadi Peta Politik Menuju Pilpres 2024

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SurabayaPostNews — Dukungan Besar dari Kelompok 212, Dapat Mempengaruhi Strategi Pasangan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Saidiman Ahmad, seorang peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), telah mengungkapkan bahwa ada basis massa yang cukup besar di Indonesia selain Nahdlatul Ulama (NU) yang memberikan dukungan kepada pasangan Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Basis massa ini adalah kelompok 212.” Ungkap Saidiman.

Menurutnya, kelompok 212 adalah kelompok yang besar di Indonesia dan awalnya terbentuk sebagai kelompok kritis terhadap pemerintahan Jokowi.

Dia mencatat bahwa data menunjukkan kelompok ini cukup besar, bahkan mungkin mencapai puluhan juta suara jika dijumlahkan.

“Kelompok ini mayoritas mendukung Anies Baswedan dan Prabowo Subianto”paparnya.

Saidiman menjelaskan bahwa kelompok 212 memiliki kecenderungan kuat untuk memberikan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Menurutnya, sekitar 44% dari responden mengaku mengetahui kelompok gerakan 212, dan 38% dari mereka yang mengetahui kelompok tersebut setuju dengan gerakan tersebut.

Saidiman menyatakan bahwa dukungan dari kelompok 212 membuat pasangan Anies-Muhaimin sulit untuk ditinggalkan oleh pasangan lain dalam Pilpres 2024.

“Kelompok 212 merupakan basis penting bagi mereka saat ini dan meninggalkan dukungan dari kelompok ini dapat menjadi masalah,” Tandasnya. *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.