HUT 78 TNI, Jokowi Ingatkan Peran Vital Menjaga Kedaulatan Negara

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA — Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) hari ini, Kamis, 05/10/2023.

Sebagai inspektur upacara, Jokowi mengawali rangkaian upacara dengan penghormatan kepada inspektur upacara Mayor Jenderal TNI Choirul Anam, Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad.

Sementara perwira upacara adalah Birgjen TNI Arkamelvi Karmani, Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Rangkaian upacara melibatkan laporan dari komandan upacara, pemeriksaan pasukan oleh inspektur upacara, dan pengheningan cipta untuk mengenang para pahlawan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Bintang Yuda Dharma Pratama kepada beberapa tokoh TNI, termasuk Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, Mayjen TNI (Mar) Markos, dan Marsda TNI Andi Kustoro.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1, 53, dan 75/TK Tahun 2023 yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan.

Setelahnya, Presiden memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara. Kepala Negara mengucapkan apresiasi atas dedikasi dan profesionalisme anggota TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara-saudara bertugas,” Ujar Joko widodo mengawali.

“Terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme, dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, perisai penjaga Pancasila, perisai penjaga Undang-Undang Dasar 1945,” imbuhnya.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, serta para Wakil Presiden dan pemimpin lembaga tinggi negara lainnya. Menteri Kabinet Indonesia Maju dan duta besar negara sahabat juga turut hadir dalam acara ini.

Usai upacara, Presiden Jokowi bersama para tamu undangan menyaksikan demonstrasi udara, defile pasukan, dan pawai alat utama sistem senjata (alutsista) TNI.

TNI dikatakan Jokowi memiliki peran vital dalam menjaga kedaulatan negara@ *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.