LSM FKRT Usulkan Tokoh Di Sampang Dijadikan Nama Jalan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SAMPANG (SurabayaPostNews) – Rabu tanggal 19 Januari 2022, tiga orang anggota LSM FKRT mendatangi kantor Disbudparpora Sampang untuk mengusulkan tokoh-tokoh yang berasal dari Sampang untuk dijadikan sebagai nama jalan di kota Sampang.

Pertama, Raden Praseno atau dikenal juga sebagai Pangeran Cakraningrat I, yang mana pelantikan Raden Prasena sebagai Raja Madura Barat dengan gelar Pangeran Cakraningrat I pada tanggal 23 Desember 1624 M dijadikan sebagai acuan hari jadi Kabupaten Sampang.

Hal ini terasa janggal, bagaimana tanggal pelantikan Raden Praseno diperingati dengan meriah setiap tahun pada perayaaan hari jadi Kabupaten Sampang, sedangkan tokoh pada peristiwa pelantikan yaitu Raden Praseno atau Pangeran Cakraningrat I tidak diberikan penghargaan yang layak semisal di abadikan sebagai nama jalan atau semacamnya di kota Sampang.

Kedua, Abdul Halim Perdanakusuma merupakan pahlawan nasional kelahiran Sampang yang namanya di jadikan sebagai nama Bandara Udara Jakarta yaitu Bandara Udara Internasional Halim Perdanakusuma yang merupakan Pangkalan Udara TNI AU dan Bandara udara komersil.

Selain itu juga dijadikan nama Kapal Perang TNI AL KRI Abdul Halim Perdanakusuma. Demikian besar penghargaan pemerintah kepada Abdul Halim Perdanakusuma, tapi di Sampang tempat kelahirannya tidak diberikan penghargaan yang layak, semisal nama jalan di kota Sampang, sedangkan di kota Bangkalan terdapat nama Jalan Halim Perdanakusuma.

Ketiga, R.P. Mohammad Noer, tokoh Kharismatik kelahiran asli Sampang mantan Gubernur Jawa Timur periode tahun 1967 hingga 1973 merupakan Gubernur Jawa Timur satu-satunya yang lahir dan berasal dari pulau Madura. Berperan sangat besar terealisasinya Jembatan Suramadu dan Poltera (Politeknik Negeri Madura) yang berada di Kota Sampang merupakan perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kabupaten Sampang, Atas jasa-jasanya Pemkab Bangkalan menjadikan Nama R.P. Mohammad Noer menjadi nama Lapangan Kerapan Sapi R.P. Moh. Noer yang terletak di jalan Kapten Syafiri kota Bangkalan.

Di kota Pamekasan terdapat rumah sakit RSU. Mohammad Noer yang terletak di jalan Bonorogo dan di kota Surabaya di jalan Besar akses menuju Suramadu dinamakan Jln. Mohammad Noer. Anehnya di Sampang kota kelahirannya belum diberikan penghargaan sedikitpun yang layak, misalnya di jadikan salah satu nama jalan di kota Sampang.

Dalam kegiatan tersebut LSM FKRT yang diwakili oleh Asfandi. M.Pd., Heriyanto, S.Pd. dan Syaiful Bahri melalui Disbudparpora dan Bakesbangpol Sampang meminta Pemkab Sampang agar tokoh-tokoh yang berasal dari Sampang tersebut dijadikan Nama jalan ataupun tempat strategis pemerintahan yang pas sebagai bentuk penghargaan masyakarat Sampang atas jasa tokoh-tokoh Sampang tersebut.

@Ryan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.