Terima SK TORA Dari Presiden, Ratusan Warga Kota Batu Lega

Penerima SK Tora meliputi warga dari Desa Tulungrejo, Sumber Brantas  Kecamatan Bumiaji, dan Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, serta Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) — Ratusan warga Kota Batu menerima SK TORA (Tanah Obyek Reforma Agraria) dari Presiden RI Joko Widodo, Senin (18/9/2023).

Adapun penerima SK Tora meliputi warga dari Desa Tulungrejo, Sumber Brantas  Kecamatan Bumiaji, dan Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, serta Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Pemberian SK Tora ini membuat warga penerima manfaat menjadi lega, Pasalnya sudah puluhan tahun terkatung-katung menunggu kepastian kepemilikan hak atas tanah tempat tinggal. Kini baru kelar atas kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Wakil Ketua DPRD Kota Batu,Heli Suyanto melalui sambungan ponsel menerangkan ratusan warga Kota Batu dari 4 desa/kelurahan telah diberangkatkan oleh Pemkot Batu menuju Jakarta.

Mereka bakal menerima SK Pelepasan Kawasan Hutan melalui Perubahan Batas (SK Biru), oleh pemerintah pusat melalui Kementerian ATR BPN.

Penyerahan SK tersebut diagendakan pada acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi EBT (LIKE) di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno,Senayan, Jakarta Pusat, Senin 18 September 2023 kemarin.

“Pnyerahan SK Biru oleh Kementrian LHK diserahkan langsung oleh Pak Jokowi. Alhamdulilah ada 201 masyarakat yang terbagi empat desa, Desa Tulungrejo,Sumber Brantas,Tlekung dan Kelurahan Songgokerto,”papar Heli.

Sekarang papar dia,ratusan masyarakat Kota Batu ini, sudah punya hak atas tanah dalam program TORA.

“Masyarakat yang sudah bertahun – tahun bahkan puluhan tahun, dan beberapa generasi telah menempati lahan tersebut. Lahan yang dimaksud milik perhutani. Alhamdulilah sekarang masyarakat sudah punya kepastian  hukum dalam memiliki tanah tersebut,” timpal Heli.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.