Tesla, Perusahaan Elon Musk Diselidiki

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SurabayaPostNews — Rencana penyelidikan oleh jaksa federal AS terhadap pengusaha miliarder Elon Musk dan Tesla semakin berkembang, dengan laporan terbaru mengungkapkan bahwa penyelidikan ini mencakup periode yang lebih lama, yaitu sejak tahun 2017. Laporan eksklusif ini juga menyatakan bahwa Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Selatan New York sedang menyelidiki transaksi antara Tesla dan entitas terkait dengan Musk.

Selain itu, penyelidikan juga mengacu pada keterlibatan dewan juri dalam masalah ini. Hal ini muncul setelah laporan sebelumnya mengenai penggunaan sumber daya perusahaan oleh Tesla di rumah Musk.

Kantor Kejaksaan AS mencari informasi tentang keuntungan pribadi yang mungkin diterima oleh Musk dan seberapa banyak uang yang dikeluarkan oleh Tesla untuk proyek yang disebut “Proyek 42.” Proyek ini mengacu pada pembangunan rumah kaca di Austin, Texas, yang diyakini akan dihuni oleh Musk. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) juga telah membuka penyelidikan sipil terpisah terkait proyek tersebut.

Meskipun Musk pernah mengklaim pada tahun 2020 bahwa dia “tidak akan memiliki rumah,” laporan sebelumnya mengungkapkan rencana untuk membangun rumah kaca. Pada saat itu, anggota dewan Tesla juga melakukan penyelidikan internal terkait penggunaan sumber daya perusahaan. Hasil penyelidikan internal ini belum diungkapkan.

Kasus ini mencerminkan upaya Departemen Kehakiman dan SEC dalam menindak perusahaan yang memberikan tunjangan eksekutif.

Aturan SEC memerlukan perusahaan publik untuk mengungkapkan tunjangan dan keuntungan pribadi yang diberikan kepada eksekutif puncak jika nilainya mencapai $10.000 atau lebih. Transaksi di atas $120.000 yang melibatkan pejabat eksekutif atau pihak terkait juga harus diungkapkan.

Tesla menyatakan bahwa mereka umumnya tidak memberikan tunjangan atau keuntungan pribadi kepada eksekutif puncaknya. Namun, penyelidikan ini memunculkan pertanyaan lebih lanjut tentang praktik keuangan perusahaan dan pengungkapan informasi terkait eksekutif.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.