Kapolda Jatim Nico Afinta Dicopot Diganti Irjen Pol Teddy Minahasa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) — Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dicopot dan menduduki jabatan baru sebagai Shalisosbud Kapolri. Pencopotan Nico tertuang dalam telegram Kep/1386/X/2022/Tanggal10-10-2022.

Sementara, pengganti Nico ialah Irjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Nico mengisi jabatan Kapolda Jatim sejak November 2020. Dia menggantikan Irjen Mohammad Fadil Imran.

Sebelumnya, Nico menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan sejak Mei 2020. Ia juga sempat menjadi Staf Ahli Sosial Politik Kapolri.

Dia juga pernah menjabat jadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya di tahun 2017.

Selama menjabat, dia berhasil menangkap putra Kiai jombang Muchammad Subchi Azal Tsani yang ditetapkan sebagai DPO dalam kasus Pencabulan santriwati.

Jenderal kelahiran surabaya itu disorot selepas tragedi Kanjuruhan yang memakan korban jiwa ratusan orang. Sejumlah pihak juga diketahui mendesak Nico dicopot paksa insiden kanjuruhan.

Secara diplomatis, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya mengatakan pencopotan Nico merupakan hal alamiah ditubuh Polri.

“Ya betul, TR tersebut adalah tour of duty and tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ucap Dedi, senin (10/10/2022) malam.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.