Mahasiswi Surabaya Menyulap Daun Miana Menjadi Menu Makanan Manfaat Untuk Kesehatan

Daun miana merupakan tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Biasanya miana hanya ditanam di pekarangan rumah sebagai hiasan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS- Daun miana merupakan tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Biasanya miana hanya ditanam di pekarangan rumah sebagai hiasan.

Di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mayoritas masyarakat perkampungan Toraja memanfaatkan daun berwarna merah keunguan dengan motif hijau itu untuk dikonsumsi.

Ditangan mahasiswi OTTIMMO internasional,
Gladys Triana Tanri, daun miana disulap menjadi makanan sehat yang diberi nama Miana and Analogue Meatball Savory Pie.

“Awalnya ide ini berasal dari Sulawesi Selatan ini, berawal dari kampung halamannya. Didaerah asalnya Daun Miana untuk memasak makanan tradisional seperti Pa’piong, Ayam Masak Daun Miana,”ujar Gladys saat ditemui di kampus OTTIMMO internasional (29/06/2022).

Untuk mengelola pie sehat ini, Gladys menggunakan bahan-bahan yang bebas kolesterol seperti daun miana, putih telur, susu almond, tomat, daun bawang, bawang merah, bubuk keju kacang mede hingga daging analog yang diolah seperti bongkahan bakso dari kedelai Textured Protein Vegetable (TVP) dengan bahan utama jamur shiitake.

“untuk proses pembuatannya, daging protein nabati dari kedelai TVP yang diblender dengan batang jamur shitake bersama dengan kondimen lain seperti putih telur, air, tepung terigu, maizena, dan seasoning,” Ujarnya.

Sementara untuk daun miana, pertama daunnya diremas-remas dengan garam sampai layu kemudian di rebus 5 menit, kemudian ditumis sebentar dengan bawang-bawangan.

“Setelah daging protein nabati dan daunnya selesai sisa siapkan potongan tomat, daun bawang, kemudian untuk filling sausnya, menggunakan almond milk, putih telur, keju nabati dari kacang mede, margarin. Di oven 180c sekitar 10 menit,” ungkapnya.

Menurut jurnal dan pengalaman banyak orang, daun miana biasanya digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti demam, asma, batuk.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.