Permudah “Pelayanan” Pemkot Batu Teken MoU dengan Badan Informasi Geospasial 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews)- Pemerintah Kota Batu teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG),di Rupatama Lantai 5 Balaikota Among Tani,Selasa (13/6/2023).

MoU ini,terkait penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kota Batu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan atas dukungan dan kerjasama ini dapat mempermudah pelayanan Pemkot Batu.

“Terima kasih atas dukungan dan kerja sama Badan Informasi Geospasial terhadap Pemkot Batu, sehingga Kota Batu memiliki informasi geospasial yang dapat mempermudah pelayanan Pemkot Batu karena mengacu dengan peta yang sama,” kata Aries.

Ini, kata Kepala Badan Informasi Geospasial,Aris Marfai Badan Informasi Geospasial akan terus mendorong dalam penyelenggaraan informasi geospasial kepada pemerintah kota/kabupaten untuk tumbuh dan lebih berkembang.

“Yang penting adalah simpul jaringannya. Dengan begitu, Kota Batu bisa menggunakan informasi geospasial untuk berbagai penyelenggaraan pemerintahan dan layanan kepada masyarakat,” ujar Aries.

Ketersediaan informasi geospasial yang akurat,ujar dia, akan memberikan keputusan yang tepat, efisien,efektif dan komunikatif,untuk mendapat informasi yang tepat maka dibutuhkan data-data yang akurat.

“Jenis data geospasial yang sering ditemukan diantaranya garis pantai hipsografi perairan,nama rupa bumi, batas wilayah, transportasi,fasilitas umum serta penutup lahan,”tegasnya.

Dengan geospasial,tegas dia,  pemerintah Kota Batu bisa mendapatkan informasi untuk konflik tata ruang,perencanaan RTRW dan rencana perkembangan wilayah yang lebih valid.

“Jangan sampai Kota Batu menjadi Kota Beton, karena potensi Kota Batu ada di alamnya,”papar dia.

Demikian, pihaknya berharap nanti ada perkembangan SDM tenaga ahli terkait geospasial di lingkungan Pemkot Batu.

“Dengan kerjasama ini,kita bisa memberikan pendidikan dan pelatihan SDM terkait geospasial di lingkungan Pemerintah Kota Batu.Nantinya,SDM tersebut akan menjadi tenaga fungsional di Kota Batu,”tutupnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.