Terima Kucuran Dana 480 Juta Dari Pemkot Batu, Begini Penjelasan Kades Pendem

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kepala Desa (Kades)Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu Tri Wahyono Efendi menyampaikan kebutuhan sarana dan prasarana keperluan Tempat Pengelolan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Pendem, Rabu (6/12/2023).

Itu setelah menerima kucuran dana dari Pemkot sebesar 2 persen dari besaran Anggaran Dana Desa (ADD). 

“Desa Pendem untuk anggaran dua persen dari besaran ADD yang kami dapat nilainya Rp 480 juta. Pengajuan anggaran tersebut pada tanggal 27/11/2023, setelah dapat rekomendasi dari Camat setempat lewat dinas terkait, Pemkot Batu batu mencairkan lewat rekening desa pada 4/12/2023,” kata Pendik sapaan akrab Kades Pendem ketika berada di Kantor Desa Pendem,Rabu (6/12/2023).

Besaran anggaran yang di terima menurut dia, peruntukannya untuk pembelian mesin pilah, dan beberapa keperluan yang lain mencakup kebutuhan sarana dan prasarana di TPS3R di Dusun Caru Desa Pendem.

Meski pengelolaan sampah saat ini belum maksimal, Namun menurutnya  belum ada kendala serius yang menghambat proses pengelolaan.

“Mekanisme pengelolaan sampah saat ini belum maksimal, tapi tidak ada kendala. Untuk volume sampah di Desa Pendem dari empat dusun, yakni Dusun Caru, Mojorejo, Sekar Putih, dan Dusun Pendem per hari mencapai 4 ton sampah perhari,” paparnya.

Saat ini lanjut dia, kelompok – kelompok pengelola sampah mengunakan iuran hasil swadaya masyarakat.

“Kapasitas sampah antara sampah organik dan non organik total 4 ton perhari. Harapan kami pengelolaan ini ada edukasi pemilahan sampah – sampah ini menjadi tanggung jawab bersama,”harapnya.

Sampah – sampah ini, menurut Pendik bisa menjadi nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.

Disinggung terkait besaran anggaran yang sudah dikucurkan Pemkot ke desa apakah akan terserap dalam jangka waktu dekat? Menurut Pendik hal itu merupakan teknis dan progres lanjutan. Yang jelas untuk perencanaan pengelolaan anggaran sudah dipersiapkan dan tinggal mengaplikasikan.

“Itu merupakan kegiatan lanjutan, dan perencanaannya sudah dibuat tinggal menjalankan saja,” tutupnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.