Polres Batu Kerahkan Ratusan Personel Gabungan untuk Operasi Lilin Semeru 2023 Menyambut Natal dan Tahun Baru 2024

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Ratusan personel gabungan dikerahkan oleh Polres Batu untuk menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 digelar di Jalan Gajah Mada seputaran Alun-Alun Kota Batu pada Kamis (21/12/2023).

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, menyampaikan bahwa 220 personel Polri dan dukungan instansi lain, seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Ormas, dilibatkan dalam Operasi Lilin 2023.

“Tujuan operasi ini adalah mengamankan lokasi wisata yang menjadi tujuan para pengunjung selama liburan.” Ujarnya.

Oskar menekankan persiapan pengaturan lalu lintas di Kota Batu, dengan menyesuaikan pola alih arus dan menyediakan jalur alternatif. Selain itu, simulasi telah dilakukan untuk menjaga kelancaran lalu lintas meskipun diperkirakan akan terjadi peningkatan kepadatan.

Dalam persiapan menyambut Natal, pengecekan dilakukan di lokasi ibadah, Gereja-gereja mengadakan rapat eksternal, dan sterilisasi gereja direncanakan pada saat puncak perayaan. Pada pergantian tahun, kegiatan pengamanan juga telah diatur dengan mengajukan izin dan melakukan rapat koordinasi.

Oskar menyebut bahwa pos pengamanan ditempatkan di beberapa lokasi strategis seperti Alun-Alun Kota Batu, Pendem, Pesanggrahan, Jalan Dewi Sartika, Bendo, Pujon, Ngantang, dan Kasembon. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan dan menangani kejadian di wilayah-wilayah tersebut.

Meskipun ada potensi peningkatan kerawanan, seperti kriminalitas, Oskar menegaskan kewaspadaan dan kesiapan personel di pos pengamanan. Upaya juga dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, termasuk penggunaan 20 unit “Roda Dua” dari Pemkot Batu.

Oskar menyampaikan terima kasih atas kolaborasi dengan TNI dan instansi terkait. Pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan dengan baik selama Operasi Lilin Semeru 2023.@ (Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.