Tangani Luapan Lumpur Akibat Banjir, Polres Batu Bersama Instansi Terkait Turun Kelokasi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Polres Batu bersama instansi terkait bersihkan lumpur akibat banjir di Jalan Hasanudin Dusun Beru Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Jumat (8/12/2023).

Lumpur akibat luapan air dari Sungai Paron Dusun Beru, menyebabkan 4 ruas jalan tergenang banjir lumpur hingga terjadi kemacetan lalu lintas, beberapa rumah warga dan perabotan juga terendam air.

Selain Jalan Hasanuddin RT 01 dan RT 02 Dusun Beru,dan menyebar ruas Jalan Kastubi Desa Bumiaji tertutup material lumpur. Untuk Jalan Raya Sumbergondo sampai tertutup lumpur setebal 10 sentimeter, di Jalan Raya Dieng depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Batu tergenang lumpur menyebabkan arus lalu lintas menjadi terhambat cukup lama.

Atas kejadian yang dimaksud,Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin gerak cepat perintahkan anggotanya untuk bersinergi dengan BPBD, TNI, Tagana, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu bersama elemen masyarakat lainnya
ke lokasi banjir.

Sinergitas tersebut merupakan langkah positif dan mendukung penanganan bencana melibatkan berbagai pihak. Itu menunjukkan upaya kolaboratif mengatasi dampak banjir.

Seperti diketahui,langkah – langkah yang diambil mereka membersihkan ruas jalan yang tergenang lumpur menjadi  pemicu kemacetan lalu lintas,dan ini merupakan tanggapan cepat dan efektif pihak Kepolisian atas kejadian bencana kemarin siang hinga pagi ini,Sabtu (9/12/2023).

Dalam situasi bencana,menurut Oskar Samsuddin menunjukkan koordinasi yang baik antara berbagai lembaga dan pihak terkait sangat penting untuk meminimalkan kerugian dan mendukung pemulihan wilayah terdampak.

“Partisipasi elemen masyarakat dalam upaya bersih-bersih juga mencerminkan semangat gotong – royong dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.Dengan keterlibatan semua pihak, diharapkan proses penanganan dan pemulihan pasca-banjir dapat berjalan lebih efisien,”kata Oskar sapaan akrab pucuk pimpinan Polres Batu,Sabtu (9/12/2023).

Itu menurutnya tindakan preventif dan perencanaan yang matang untuk menghadapi potensi bencana di masa depan juga perlu diperhatikan agar masyarakat dapat lebih siap dan terlindungi.

“Semoga upaya bersama ini dapat memberikan bantuan dan dukungan maksimal bagi warga yang terdampak  dan memperkuat sinergi antara pihak Kepolisian,Pemerintah Daerah, dan masyarakat dalam menghadapi bencana,”harap Oskar.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.