Abad 17 Surabaya Terbelah Menjadi Kasepuhan Dan Kanoman

Kasepuhan di pandegani Arya Jayapuspita adik kandung Jangrana, sedangkan Kanoman dipimpin Ngabehi Jangrana, anak sulung dari Tumenggung Jayengrana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Sepeninggal Tumenggung Jangrana (Jayengrana) yang dihukum mati oleh Kartasura (1709). Pucuk kepemimpinan Surabaya terbelah menjadi dua, yakni Kasepuhan dan Kanoman.

Kasepuhan di pandegani Arya Jayapuspita adik kandung Jangrana, sedangkan Kanoman dipimpin Ngabehi Jangrana, anak sulung dari Tumenggung Jayengrana atau Jangrana.

Disebutkan dalam Babad Jawa (Babad Tanah Jawi, Mulai dari Nabi Adam Sampai Tahun 1647) selain Ngabehi Jangrana, Tumenggung Jayengrana masih memiliki satu orang putra lagi dari Garwa Ampean (istri kedua) yakni Joko Tangkeban. Kelak ia dikenal sebagai Sawunggaling.

Meski Surabaya terbelah menjadi dua bagian, ikatan keluarga Paman dan keponakan itu dipastikan akur dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hal itu dibuktikan ketika Surabaya terlihat perang dengan Kartasura yang bersekutu dengan VOC. Dimana Ngabehi Jangrana dan juga Joko Tangkeban bahu membahu dalam medan pertempuran membantu Arya Jayapuspita.

Kepemimpinan Jayapuspita disebutkan dalam Babad Jawa, Amat dicintai rakyat Surabaya. Dia membebaskan rakyatnya dari pajak dan digantikan dengan zakat.

Arya Jayapuspita juga memiliki julukan Kiyai Pandhita dan bergelar Panembahan Panatagama.

Sewaktu terjadi campuh peperangan dengan VOC yang bersekutu dengan Kartasura, Jayapuspita membuat keder lawannya, sebab ia menantang pasukan VOC untuk mengarahkan moncong meriam-meriam mereka ke tubuh-nya. Dia bahkan duduk santai sambil merokok ditengah-tengah Medan pertempuran.

“Sang Dipati Jayapuspita anglela wontên ing paprangan. Nanging taksih sakeca lênggah pinayungan sarwi udud. Arasukan pranakan pêthak, udhêng gilig wungu, anyamping limar, ingadhêp lare alit angampil upêt kalihan gantèn. Tuwan kumêndur sarêng aningali dhatêng sang dipati lajêng angabani Kumpêninipun, kinèn ngarutug ing sanjata tuwin mariyêm. Nanging botên kenging, sang dipati angawe-awe sarwi wicantên. Kumêndur, majua mrene, yèn obat mimismu êntèk usungana manèh,”kutip serat Babad Jawi.

Disebutkan juga dalam serat babad jawa, bahwa dibelakang Arya Jayapuspita telah berbaris ribuan pasukan Surabaya yang dikenal sebagai pasukan Dulangmangap. Pasukan khusus yang siap menghadapi berbagai musuh di Medan perang.

Untuk di barisan kanan ribuan pasukan Talangpati di pimpin Ngabehi Jangrana sedangkan sebelah kiri dipimpin Joko Tangkeban yang saat itu dikisahkan masih berusia belia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.