Kunjungi Kejari Surabaya, 30 Perwira Siswa Suspaidkla TNI AL Dapat Pembekalan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya mendapat kunjungan dari 30 perwira siswa Suspaidikla TNI Angkatan Laut. Kunjungan ini merupakan bagian dari latihan teknis peninjauan lapangan Tahun Anggaran (TA) 2023.

Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya Budi Darmawan menerangkan, rombongan siswa itu dipimpin langsung Mayor Laut (P) Sofian Nurdin. Para siswa juga diberikan pembekalan terkait tupoksi dan fungsi kejaksaan dalam penegakan hukum di Laut.

Fungsi itu meliputi koordinasi antara penyidik dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terutama dalam hal penegakan hukum di laut seperti tindak pidana perikanan dan tindak pidana lainnya yang terjadi di laut.

Dalam kesempatan tersebut, Kajari Surabaya juga menyampaikan pentingnya mengedepankan hati nurani dalam penegakan hukum seperti halnya perintah Jaksa Agung, dimana aparat penegak hukum harus melihat latar belakang seseorang tersebut sehingga melakukan tindak pidana.

Latar belakang yang dimaksud termasuk kondisi perekonomian dan hal lainnya yang berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan.

“Jangan sampai orang yang mencari ikan di laut akibat ketidaktahuannya dan hanya untuk mencari makan sehari-hari lalu dipidanakan,” Ujar Heru Darmawan.

Usai pembekalan singkat itu, para siswa diberikan cinderamata oleh Kejaksaan, dan sebagai penutupan dilakukan swafoto bersama sebagai bahan dokumentasi.@ jn

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.