Cak Imin dan Petunjuk Dari Makkah: Perjalanan Keputusan yang Didukung Istikharah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SurabayaPostNews –Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin, telah dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Momen deklarasi ini terjadi di Hotel Majapahit, Surabaya, pada Sabtu (2/9/2023).

Namun, dibalik keputusan penting ini, terdapat cerita menarik tentang bagaimana Cak Imin mencari petunjuk sebelum akhirnya memutuskan untuk maju dalam Pilpres 2024 bersama Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Cak Imin mengungkapkan bahwa ketika menerima tawaran dari Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, dia segera mencari petunjuk dari para kiai dan ulama.

Salah satu kiai yang memberikan petunjuk penting adalah KH Ahmad Badawi dari Kudus, yang pada saat itu berada di Makkah.

“Semua istikharah, semua gagasannya mendukung pasangan Mas Anies dengan saya,” ujar Cak Imin.

Istikharah, sebagaimana dijelaskan adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh mayoritas ulama Nahdliyin untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam urusan dan hajat mereka. Bahkan, tradisi ini telah ada sejak awal pendirian Nahdlatul Ulama (NU).

Cak Imin juga mengungkapkan bahwa dia dan kawan-kawan sempat mencari tahu siapa yang sedang berada di Makkah, mencoba melacak melalui istikharah di Makkah. KH Ahmad Badawi dari Kudus kemudian menelepon Cak Imin langsung dan memberikan petunjuk yang sangat penting.

“Langsung telepon saya, ‘muncul hasilnya, jalan terus, terbaik,’ kata Cak Imin menirukan ucapan Kiai Badawi.

Selain memberikan restu, KH Ahmad Badawi juga membacakan dalil dan nasihat-nasihat yang relevan. Cak Imin dengan tulus membacakan arti dalil tersebut di depan beserta deklarasi.

“Berbahu membahu dan bertolong-tolonganlah dalam kebenaran dan takwa. Dan jangan bertolong-tolongan dalam, ‘ismi wal udwan,’ jangan tolong menolong dalam konteks dosa dan permusuhan satu sama lain,” ujar Cak Imin, mengutip dalil yang diberikan oleh Kiai Badawi. @*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.